Kabar gembira bagi pengguna iPhone yang suka dengan ukuran Besar dan Lebar. Tahun 2018 ini, Apple sudah meluncurkan seri yang mirip dengan iPhone X, yaitu iPhone XS dan iPhone XS Max serta iPhone XR. iPhone Xs ini dari segi ukuran sama dengan iphone X, namun yang unik disini iPhone XS MAX tetap menggunakan ukuran sama dengan iphone 8 Plus.

Dalam artikel ini kami akan berbagi pengalaman unboxing dari customer kami iPhone XS Max yang sudah beberapa bulan ini laku keras. Saya tidak akan banyak menjelaskan seputar spesifikasi karena detail ini bisa kamu baca di laman Apple.

Warna EMAS


 

Perangkat iPhone XS Max dan iPhone XS hadir dalam sebuah warna baru, Gold. Apple sebelumnya hanya menggunakan warna Silver dan Space Gray untuk iPhone X.

Kini dengan hadirnya warna Gold, ada sebuah warna baru yang menjadi penanda untuk produk iPhone XS Max atau iPhone XS.

Bagi kamu yang belum tahu, Apple sudah tidak menjual iPhone X sejak kehadiran iPhone XS Max dan iPhone XS.

Menurut saya, ini karena harga iPhone XS dimulai dari $999, sama dengan produk iPhone X yang rilis di tahun 2017. Sebetulnya Apple bisa saja menurunkan harga iPhone X dan tetap menjualnya (seperti iPhone 8), namun ini akan menyulitkan dan membingungkan karena iPhone XR ada di harga $749.

Lebih Besar dan Lebih Puas


 

Secara fisik, perangkat iPhone XS Max menggunakan dimensi yang sama dengan iPhone seri Plus seperti iPhone 8 Plus misalnya. Bedanya adalah tidak ada lagi bagian non layar di atas dan bawah, semuanya digunakan untuk layar dan deretan sensor Face ID serta kamera depan di bagian atas.

Layar OLED di iPhone XS Max menggunakan ukuran diagonal 6.5 inci dan resolusi 2688 x 1242 Pixel dalam 458 PPI (Pixel Per Inch).

Jika kamu sudah biasa menggunakan iPhone seri Plus, adaptasi penggunaan iPhone XS Max tidak akan memerlukan waktu lama. Namun hal ini akan berbeda jika kamu sebelumnya menggunakan iPhone 8 atau bahkan iPhone SE yang layarnya hanya 4 inci.

Dengan layar yang besar, banyak kegiatan akan menjadi semakin nyaman. Mulai dari bermain games, mengelola dokumen, menonton video, edit gambar atau hal lainnya.

Saran saya, maksimalkan penggunaan gesture di iPhone XS Max untuk membuat kamu lebih mudah bernavigasi. Mulai dari Reachability misalnya atau swipe ke kiri dan kanan dari garis horisontal di bagian bawah layar untuk berpindah antar aplikasi.

 

Upgrading Kamera


 

Review di bagian kamera ini berlaku untuk iPhone XS Max dan iPhone XS. Ya, ini karena Apple tidak memberikan perbedaan apapun di kamera kedua ponsel tersebut.

Bagian terbaik dari kamera baru di iPhone XS Max adalah Smart HDR, mode Control Depth untuk Portrait Mode dan juga lensa Wide yang lebih lebar.

Jujur saja sejak menggunakan iPhone XS Max, hasil jepretan kamera iPhone 7 Plus yang sudah menemani selama 2 tahun lalu terlihat sangat payah. Terutama dalam kondisi minim cahaya atau Portrait Mode.

Peningkatan besar memang terlihat di teknologi Smart HDR yang disematkan Apple ke iPhone XS Max, iPhone XS dan iPhone XR. Teknologi ini mengandalkan Neural Engine dan ISP di CPU Apple A12 Bionic untuk membuat proses komputasi foto sangat cepat.

Bahkan Apple menyebutkan bahwa Smart HDR sudah mengambil gambar sebelum kamu menekan tombol jepret kamera untuk menganalisa dynamic range yang dapat ditangkap.

Performa


 

Apple menyebutkan bahwa CPU A12 Bionic 15% lebih cepat, 50% lebih hemat daya dan 50% lebih cepat di bagian performa grafis dibandingkan CPU A11 Bionic.

Uji performa yang saya lakukan adalah bermain games dengan kualitas tinggi, mengambil gambar dalam mode Portrait Mode dalam jumlah banyak secara terus-menerus (membuat CPU untuk terus bekerja berat) dan memutar video dalam resolusi tinggi. Semuanya berjalan sangat lancar di perangkat iPhone XS Max dan baterainya tetap hemat untuk dipakai seharian.

Seberapa hemat sih baterai di iPhone baru? Dari catatannya, iPhone XS Max diklaim dapat digunakan hingga 1 jam 30 menit lebih lama dibandingkan iPhone X. Sedangkan iPhone XS punya spek baterai hingga 30 menit lebih lama daripada iPhone X.

 

source : makemac.com
Lokasi : Denpasar Bali