iphone 7

Apple baru saja meluncurkan iPhone 7, ponsel baru yang membawa sejumlah kemampuan baru termasuk ketahanannya terhadap air dan debu

Satu hal, desain iPhone mengalami perubahan disini. Secara menyeluruh memang memiliki masih banyak kemiripan dengan iPhone terdahulu, namun reposisi garis antena membuatnya terlihat benar-benar baru.

Satu dari beberapa yang menjadi daya tarik iPhone 7 adalah desain yang tahan debu dan air. Sebagai bukti dari kemampuannya itu, Apple sudah menyertifikasinya dengan IP67. Apple mengklaim iPhone 7 bisa bertahan dalam air di kedalaman satu meter selama 30 menit.

Jack Headphone Benar-benar Hilang

Mungkin anda sudah mendengar bahwa iPhone 7 tak lagi akan memiliki jack headphone 3.5mm. Ternyata itu benar-benar terjadi. Kita tidak akan menemukan jack headphone 3.5mm di ponsel ini. Sebagai gantinya, kita bisa menggunakan port petir sebagai colokan headset atau headphone. Alternatifnya kita bisa menggunakan headphone bluetooth yang bisa bekerja secara nirkabel. Hal ini diyakini karena Apple ingin iPhone 7 miliknya benar-benar tahan air.

Apple juga menyertakan headphone EarPod dengan kabel petir dalam kotak kemasan. Selain iut ada pula adaptor port petir 3.5mm. Apple juga menambahkan pengaturan speaker stereo. Bicara soal audio, Apple membenamkan speaker stereo dengan volume hingga dua kali volume iPhone 6s. Apple juga meningkatkan rentang audio iPhone 7.

Tombol Home yang Baru

iPhone 7 hadir dengan tombol home yang baru, menawarkan teknologi pressure sensitive yang memang sudah lama menjadi kebanggaan Apple dengan haptic feedback. Dengan kata lain, mirip seperti trackpad force touch yang ada di MacBook.

Kamera yang Ditingkatkan

Ponsel berdimensi 138.3 x 67.1 x 7.1mm dengan bobot 138 gram ini juga dibekali kamera yang lebih kuat, dengan kamera beresolusi 12MP menghadap ke belakang yang menggunakan lensa 6-elemen dan memiliki aperture f/1.8. Diperkuat lagi dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS). Apple mengklaim kamera iPhone 7 60 persen lebih cepat dan 30 persen lebih efisien dari pada kamera yang ada di iPhone 6s. Sebagai pelengkap, ada lampu flash LED. Bukan dua, tapi empat lampu flash LED.

Sementara itu kamera depannya beresolusi 7MP yang mampu merekam video 1080p.

Kinerja iPhone 7

Dapur Pacu, seperti yang sudah kita harapkan mengandalkan chipset Apple A10 Fusion yang berprosesor quad-core dan mengandung 3,3 miliar transistor. Apple membagi tugas setiap core menjadi dua kelompok, dimana dua-core bertugas untuk meng-handle kerja berat, sementara dua lainnya untuk kinerja yang lebih hemat daya.

Dengan pengaturan seperti ini, Apple A10 40 persen lebih cepat dari Apple A9, dua kali lebih cepat dari Apple A8, namun di saat yang sama juga 20 persen lebih hemat daya. Untuk GPU, terdiri dari 6-core yang 50 persen lebih cepat dan hanya membutuhkan 66% dari daya.

Layar iPhone 7 Lebih Cerah

Apple mengatakan bahwa iPhone 7 hadir dengan layar retina seluas 4,7 inci yang 25 persen lebih cerah dan warna gamut yang lebih luas. Teknologi 3D Touch pada iPhone 7 juga sudah diperbarui, meski sayangnya Apple tidak merinci lebih jauh.

Sementara itu baterainya, Apple mengklaim dua jam lebih tahan lama jika dibandingkan iPhone 6s.